Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD) dan Simbol ERD dan bentuk Kardinalitas

1. Pengertian ERD (Entitiy Relationship Diagram)
   Menurut Indrajani (2015), ERD adalah sebuah pendekatan top-bottom dalam perancangan basis data yang dimulai dengan mengidentifikasikan data-data terpenting yang disebut dengan entitas dan hubungan antara entitas-entitas tersebut yang digambarkan dalam model.
   Al Fatta, H., (2007), mengemukakan Entity Relationship Diagram adalah gambar atau diagram yang menunjukkan informasi dibuat, disimpan, dan digunakan dalam sistem bisnis.
    Sehingga ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.
Terdapat beberapa simbol yang digunakan dalam ERD,  sebagai berikut :
Kardinalitas relasi menunjukan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain. Dari sejumlah kemungkinan banyaknya hubungan antar entitas tersebut, kardinalitas relasi merujuk kepada hubungan maksimum yang terjadi dari himpunan entitas yang satu ke himpunan entitas yang lain dan begitu juga sebaliknya. Bentuk – bentuk kardinalitas sebagai berikut:
1. One to One
One to One yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B dan begitu juga sebaliknya, setiap himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak dengan satu pada himpunan entitas A. Seperti Gambar 2.1
2. One to Many
One to Many yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan B berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas A. Seperti Gambar 2.2.
3. Many to one
Many to One yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebalikya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas B. Seperti Gambar 2.3
4. Many to Many
Many to Many yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, dan demikian juga sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A. Kardinalitas relasi satu kebanyak dan banyak ke satu dapat dianggap sama, karena tinjauan kardinalitas relasi selalu dilihat dari sisi (dari himpunan entitas A ke himpunan entitas B dan himpunan entitas B k himpunan entitas A). Seperti pada Gambar 2.4.

0 Response to "Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD) dan Simbol ERD dan bentuk Kardinalitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel